Perencanaan Bencana dan Kondisi Tanggap Darurat Bencana

Perencanaan Bencana dan Kondisi Tanggap Darurat Bencana – Perencanaan darurat dan bencana melibatkan proses persiapan yang terkoordinasi dan terkoordinasi untuk menyesuaikan kebutuhan mendesak dengan sumber daya yang tersedia. Fase-fase ini adalah penelitian, penulisan, diseminasi, pengujian, dan pembaruan. Oleh karena itu, rencana darurat perlu menjadi dokumen hidup yang secara berkala disesuaikan untuk keadaan yang berubah dan yang menyediakan panduan untuk protokol, prosedur, dan pembagian tanggung jawab dalam tanggap darurat.

Perencanaan Kondisi Tanggap Darurat Bencana adalah proses eksplorasi yang menyediakan prosedur umum untuk mengelola dampak yang tidak terduga dan harus menggunakan skenario yang dibangun dengan hati-hati untuk mengantisipasi kebutuhan yang akan dihasilkan dari bahaya yang dapat diprediksi ketika mereka menyerang.

Mereka juga perlu berada dalam hierarki bersarang yang memanjang dari tanggap darurat lokal (tingkat paling dasar), melalui tingkat pemerintah daerah, ke tingkat nasional dan internasional. Kegagalan untuk merencanakan dapat dianggap kelalaian karena akan melibatkan kegagalan untuk mengantisipasi kebutuhan yang tidak dapat ditangani secara memadai dengan improvisasi selama keadaan darurat.

Apa itu Perencanaan Darurat?

Perencanaan darurat dapat didefinisikan sebagai proses mempersiapkan secara sistematis untuk kemungkinan masa depan, termasuk insiden besar dan bencana. Rencana tersebut biasanya dalam bentuk dokumen, dibagi antara peserta dan pemangku kepentingan yang menentukan tugas dan tanggung jawab yang diadopsi dalam tanggapan multi-lembaga terhadap keadaan darurat.

Bagaimana Perencanaan Bencana dan Kondisi Tanggap Darurat Bencana ?

Ini adalah cetak biru untuk mengelola acara dan, karenanya, harus responsif terhadap kebutuhan manajemen. Ini harus menentukan keselarasan tindakan, kolaborasi, perintah dan komunikasi selama kontinjensi sipil seperti bencana atau peristiwa besar; dengan kata lain, ini adalah kerangka kerja untuk tanggap darurat. Pemeliharaan keselamatan publik, batasan kerusakan, perlindungan yang rentan, dan penggunaan sumber daya yang menyelamatkan jiwa secara efisien adalah beberapa tujuan dari rencana tersebut.

Evolusi Perencanaan Darurat dan Bencana

Seperti yang kita ketahui hari ini, perencanaan darurat untuk bencana datang dari pertahanan sipil, suatu bentuk organisasi sosial yang dirancang untuk melindungi warga sipil dari agresi bersenjata. Yang terakhir adalah konsep yang relatif baru yang dalam bentuknya modern mendahului Perang Dunia Kedua dalam periode yang sangat singkat.

Meskipun ada bentuk organisasi yang tidak sempurna untuk melindungi non-kombatan dalam konflik sebelumnya misalnya, Perang Sipil Amerika tahun 1860-an serangan terhadap Guernica, di negara Basque Spanyol, pada 26 April 1937, oleh Jerman Aircraft adalah sebuah pengeboman udara pendekatan terpadu pertama (menewaskan 1.654 warga sipil) dan kesempatan pertama di mana ini harus diperjuangkan dengan langkah-langkah perlindungan yang terorganisir dengan baik.

Dari Insiden ke Bencana: Rentang Dampak

Sebagian besar kemungkinan darurat cukup kecil untuk diselesaikan secara memadai tanpa perubahan kualitatif dalam prosedur manajemen harian atau perubahan kuantitatif dalam ketersediaan sumber daya. Oleh karena itu, artikel ini akan berkonsentrasi pada minoritas kecil dari keadaan darurat, biasanya kurang dari satu dalam sepuluh, yang cukup besar untuk secara substansial mengganggu kehidupan sehari-hari dan prosedur kerja normal.

Namun, semua kejadian ini memiliki kesamaan sehingga harus diselesaikan dengan penangguhan prosedur normal dan penggantian Kondisi Tanggap Darurat Bencana . Dalam yang terakhir, keharusan, tugas, dan hubungan antara peserta cukup luar biasa untuk membutuhkan reorganisasi substansial dan metode kerja yang berbeda dari yang digunakan dalam rutinitas hari kerja.

lite4dmin

Add your Biographical Info and they will appear here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *